Simak dan Ketahui Asal Mula Permainan Petak Umpet

Simak dan Ketahui Asal Mula Permainan Petak Umpet

Permainan legendaris anak-anak Indonesia di masa 1990-an dan sebelumnya, dimasa itu anak-anak belum tercandu gadget dan game online. Mengenal sebuah permainan bernama ‘Petak Umpet’. Permainan menyenangkan yang harus dimainkan lebih dari 1 anak dan tak butuh biaya apa pun untuk memainkannya.

Yang dibutuhkan hanya sebuah pohon, tembok, atau sandaran dalam bentuk apa pun untuk 1 orang menutup mata dengan tangannya dan yang lain buru-buru ‘ngumpet’, sesuai hitungan tertentu.

Nantinya ketika yang sedang “jaga” itu sudah selesai menghitung, akan mencari temannya yang bersembunyi. Ketika ketahuan, buru-buru deh tepok ‘Hong’, ‘Bon’ atau ‘Inglo’- sesuai sebutan di daerah masing-masing, ke tembok atau pohon tempat dia memberi hitungan di awal.

Kalaupun belum ketemu, ya teman-teman yang bersembunyi itu juga akan curi-curi kesempatan tepok ‘Hong’ atau ‘Bon’ duluan kalau tempat/sandaran berjaga tidak sedang dijaga anak yang lagi “jaga”.

Sayangnya, permainan menyenangkan dan sangat “murmer” alias murah meriah karena enggak butuh biaya ini mulai kurang diminati anak-anak zaman sekarang. Meski begitu, di daerah anak-anaknya masih suka ada yang memainkannya.

Kalau menengok beberapa catatan sejarah, sulit memastikan dari mana atau sejak kapan permainan ini eksis. Kalau dari penelusuran Encyclopedia Britannica, dikatakan permainan ini sudah ada sejak abad kedua Masehi.

Bukti tertulisnya disarikan penulis asal Yunani Julius Pollux, ketika ada permainan dengan “model” serupa dengan nama Apodidraskinda. Di era Yunani modern, permainan ini disebutnya Kryfto.

Nah, tentu di berbagai negara lain juga terdapat permainan serupa tapi (kadang) tak sama dengan penyebutan yang berbeda. Di Spanyol namanya Escondite. Di Prancis disebutnya Jeu de Cache-Cache.

Kalau di Israel namanya Machboim. Sementara di Korea namanya Sumbagoggil. Ada lagi di Rumania namanya de-av-ati Ascunselea. Di Bolivia namanya Tuja, seperti yang dilansir okezone.

Tapi kalau di Honduras dan El Salvador disebutnyaa Cucumbè dan tentunya di Inggris dan Amerika Serikat, namanya Hide-and-Seek. Pastinya permainan-permainan tradisional macam Petak Umpet ini menyimpan banyak manfaatnya.

Seperti manfaat cepat belajar berhitung, anak jadi lebih aktif, lebih kreatif, meningkatkan level sosialisasi dengan sebayanya, melatih anak taat pada aturan, dan tentunya membentuk karakter sportivitas sejak dini.

(Visited 57 times, 1 visits today)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan